Ramadhan di Luar Jawa | Ramadhanku 2018

08.00.00

So hello guys! Welcome back to this lovely blog! Ehe!

Jadi udah lama gak ngepost baru (yaelah basi). Btw, selamat Ramadhan (iya telat), Alhamdulillah ya tahun ini bisa ketemu Ramadhan lagi ehehehe. Kalo biasanya tiap Ramadhan langganan bawa cerita sahur yang baru, kali ini beda karena mau cerita soal Ramadhan keseluruhannya ea gaya.



Jadi tepatnya tanggal 27 Mei 2018 yang lalu, aku sama beberapa temenku ikut a mini newspaper competition di Univ. Udayana Bali, tapi tempat lombanya di Bentara Budaya (FYI aja ini). Nah jadi kita itu berangkatnya tanggal 26-nya, naik kapal bray. Nah jadi kalo dari tempatku sampe ke Bali kota-nya itu kira-kira memakan waktu 7 jam kemarin aku sih, sebenernya ga ngitungin juga sih anggep aja segitu lah ya wkkwkw. 

Kita berangkat dari Banyuwangi itu sekitar jam 11.00 WIB dan sampe Bali jam 18.30 WITA gitu gegara ada macet juga pas sore-sore. Lah berarti sekitar 6 jam ya kalo secara WIB semua (iyalah ini apa gangerti). Oke pokoknya gitu. Perjalanan berangkat ini sumpah lama banget, rasanya kaya menanti doi peka, iya gapeka peka gitu lama.

Bayangan awal-ku pas nyampe sana itu masih sore remang-remang gitu, jadi bisa jalan dikit ya kan menikmati Bali walau sejenak (Waduuuh wkwkwk). FYI aja ini ketiga kalinya aku ke Bali dan lagi-lagi gak ngerasain pantai-nya, iya pernah sakit tapi tak pernah sesakit ini. Nah ternyata sampe sana malem dong, sedih lah hati Hayati ini. Tapi ada satu hal yang bikin seneng, jadi pas di jalan, untuk pertama kalinya aku melihat babi pink yang sangat besar, dan aku terkejut. Oke udah balik ke topik.

Nah pas waktunya buka puasa, lupa nih ceritanya kalo lagi di Bali. Iya, kita menanti kumandang adzan, kita kira bakalan keras gitu, taunya samar-samar bro. Ini pertama kali sih, suara adzan terdengar samar, sumpah sih sampe harus konsen gitu. Ternyata beda banget ya Jawa sama Bali wkwkwk, maklum ini anak masih 3 kali ini keluar Jawa. Dan ini jadi kali pertama aku puasa di luar Jawa, ternyata seru juga, menantang eaaaa.

Singkat cerita, pas waktu sahur juga gitu gais gak ada tuh suara koar-koar yang bangunin sahur. Ada sih, tapi itu suara temenku wkwkwkw. Gak ada kaya suara sahur di masjid gitu, ya soalnya disana juga gaterlalu ada banyak masjid juga, so yeah. Pas di hotel juga gak terdengar adzan sama sekali guys, so it's really different dari apa yang selama 16 tahun aku jalani di Jawa. Tapi sumpah sih ini kaya pengalaman berharga banget buat aku., karena pertama kalinya tidak menjadi mayoritas (ea gaya bener ini kata). Walaupun disana muslim juga masih banyak, tapi most of people-nya kan non muslim so yeah it's kind of semi minoritas gitu guys.

Nah yang bikin aku sangat bersyukur bisa merasakan ini tuh karena ya aku bisa belajar kalo sebenernya perbedaan itu beneran indah. Aku ngerasa banget sih suasana Indonesia disana. Jadi pas disana, rasanya perbedaan itu melebur menjadi persamaan, and it's so beautiful ya walaupun tbh aku merasa kaya "wah ternyata gini ya jadi minoritas" (kaget gitu lo). Ofc sih apa ya bukan kaget, cuma kaya amazed aja karna kan aku selama ini belum pernah become a minority kan, jadi ini pengalaman berharga sih.

Setelah dari situ, aku jadi kepikiran kalau ternyata kadang kita juga sangat perlu merasakan menjadi minoritas, kenapa? bukan biar kita hanya tau rasanya aja, tapi biar kita bisa melihat lebih dalam. Selain itu juga biar kita bisa membuka mata kita lebih lebar melihat dunia lebih luas lagi. Jadi, perbedaan itu bisa kita rangkul dengan ikhlas karena kita tau bagaimana rasanya jadi minority dan mayoritas juga kita tau. So experienced both position itu menyenangkan buatku sih. Semoga kedepannya bisa pergi lebih jauh sih biar bisa merasakan hal yang lebih mengesankan, kaya mungkin puasa lebih dari 12 jam eheheheeheheehe, aamiin-in bareng lah ya :). 

P.s : sayangnya kali ini belum bisa sahur on the ship guys, hehehe maybe next time :)
Nah kalo kalian, Ramadhan ini sudah pergi kemana aja? Atau udah mencoba tempat sahur yang beda mungkin? Share dong ah di kolom komen, oke? MAKASIIIIH <3 

You Might Also Like

2 comments

  1. emang di Bali gitu, kadang mau Salat aja bingung kudu nanya dulu," ini udah masuk waktu Salat belum" wkwk. sahur di rumah terus😗

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAAAH kan wkwkkw beda banget, jangan lupa untuk mencoba sahur seru Ramadhan kurang dikitlagi nih :((((

      Hapus

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan berkomentar.