Hitam Tak Selalu Kelam

17.58.00

Memang ada orang yang takut akan kegelapan, ya gelap itu memang menyeramkan. Gelap itu warnanya hitam, selalu dibilang kelam, padahal apa salahnya? Hitam itu juga tetap sama, sama dengan biru, merah, putih atau berbagai warna yang lain, hitam juga bagian dari warna. Kalau kita menyadarinya, dunia ini tak akan lengkap tanpa hitam, ya dia adalah satu hal yang bisa melengkapi semuanya. Entah itu hari senang maupun sedih, hitam sebenarnya selalu ada, hanya saja keberadaannya jarang dirasakan. Banyak orang bilang hidup itu hanya akan jadi warna hitam putih tanpa masalah, yang berarti hitam juga selalu mengiringi hidup kita. Setiap kenangan dalam hidup kita punya warnanya masing-masing tak jarang juga yang berwarna hitam, tidak hanya kenangan kelam, kenangan menyenangkan pun bisa saja berwarna hitam, ya aku tahu sedikit tentang kegembiraan berwarna hitam itu. 

Kegembiraan tak hanya berwarna pelangi kawan, bisa juga hitam kau tau itu. Kadang saat kita senang bertemu dengan seseorang yang baru itu bisa dibilang kegembiraan bukan? tapi kita tidak tau mereka akhirnya stalk dan melakukan cara lain untuk mengetahuinya, ya mungkin itu sedikit kegembiraan berwarna hitam, pemikiran ini rumit untuk direalisasikan ke dalam sebuah tulisan, maaf bila susah dimengerti. Aku hanya ingin menegaskan kadang kegembiraan juga berwarna hitam. Perjuangan munkin bisa saja berwarna hitam tak hanya merah benar kan? Yang pasti yang aku tau, apapun warnanya, hidup ini milik kita, kitalah yang menentukan warna pada setiap detiknya. 

Menceritakan tentang warna, aku kagum benar dengan warna hitam. Hitam itu netral, bisa untuk penghias juga menjadi penengah. Mungkin hitam yang selalu melerai pertengkaran karena dia netral, tidak membela yang A atau yang B. Kadang kalanya aku ingin menjadi "hitam" ya netral aku tak mau membela A atau B aku ingin membela semuanya yang benar. Bukan sekedar membela tapi seharusnya bisa meluruskan setiap perkara, menjadi pemimpin yang berguna. Bukan pesona yang ingin ditampilkan, namun tentang apa gunanya kita di dunia, hampir sama seperti hitam. Hitam itu memang kalah pesonanya dengan biru, hijau, kuning ataupun merah, tapi tanpa hitam mungkin gambaran tak akan seindah sekarang, arsiran saja tak seanggun biasanya, dan garis menjadi berwarna-warni. Tanpa hitam, mungkin setiap kata dalam buku catatan kita akan berwarna-warni, menurutku kurang indah dipandang, kurang rapi. Sampai disini kita tau bukan, ternyata memang benar hitam itu tidak kelam. 

Kini aku dan mungkin kalian yang membacanya sadar kalau hitam memang bukan satu warna yang kelam. Tak ada salahnya suka dengan warna hitam, hitam tidak menakutkan juga. Hitam bukan simbol kejahatan, bukan simbol suatu organisasi atau simbol apapun, hitam diciptakan Tuhan sama seperti warna yang lainnya, untuk menghiasi dunia yang hanya sekejap ini. Ketika aku menatap langit malam aku selalu melihat hitam disana nampak indah dan mencerminkan dunia ciptaan Tuhan ini begitu luasnya, dari langit yang kutatap, aku melihat luasnya langit ini seperti merasakan benar luasnya dunia ini, dan itu semua begitu indah. Dari melihat langit hitam dimalam hari, aku tau benar bahwa hitam tak selalu kelam.

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan berkomentar.