Keresahan Netijen Pada Asian Games 2018

23.59.00

Baru-baru ini lagi heboh banget, soal atlet yang cedera di akhir pertandingan, gausah dibilang siapa pasti kalian juga pada udah tau kan ya. Nah tapi yang bikin aku kecewa bukannya kalahnya, tapi komentar netijen yang udah bisa ngalahi pedesnya bon cabe level 30, di akun instagram si atlet. First of all, I know lah kita semua kecewa, tapi perlukah kita melakukan hate speech terhadap atlet tersebut? Well of course NO.

Gini, pertama kita harus buka mata dong, sebagai atlet yang udah dikirim ke acara sebesar Asian Games, pasti atlet itu hebat, dan karena hebat pasti dia sudah sangat berjuang keras untuk suatu pertandingan. Sebagai netizen yang baik dan budiman sudah seharusnya kita gak melupakan pepatah "Hard Work Pays Off" atau "Ada kerja keras di balik sebuah kesuksesan". Iya, di dalam setiap pertandingan apapun itu, pasti ada kerja keras yang gak perlu diketahui namun wajib disadari oleh kita semua. Sama seperti atlet-atlet kita yang sekarang berjuang di Asian Games, they've worked hard, harder than we know. Mereka pasti sudah melalui berhari-hari training yang melelahkan, dan juga sudah membuang berjuta-juta keringat, untuk apa? Untuk berjuang demi Indonesia.

Jujur, saya kecewa dengan netizen Indonesia yang melampiaskan kekecewaannya dengan berkomentar buruk, mencela dan mencaci maki. Sangat tidak pantas dilakukan. I mean, can't we just open our eyes for a bit? Melihat lebih baik dunia ini gitu lo, dan berpikir lebih dalam. Kalau kita aja kecewa, apakah atlet-atlet kita tidak kecewa? Apakah mereka berniat untuk memberi kekalahan? Tentu tidak kan? Mereka juga ingin menang, mereka juga ingin membanggakan Indonesia, dan pasti mereka juga sangat kecewa saat gagal melakukan tugas. Nah tugas kita sebagai rakyat adalah membantu mereka bangkit, memberi semangat, menyalurkan spirit perjuangan kepada mereka, agar mereka tetap bersinar demi negara tercinta kita, Indonesia. Bukan malah nyinyir. :)

Miris sekali rasanya, melihat ini semua, aku jadi mikir "apakah Indonesia kini secetek itu?" maksutnya adalah apakah pemikiran netizen hanya sedangkal itu? Well I hope not. I believe masih banyak orang Indonesia yang pintar. Intinya, tolong, jadilah netizen yang pintar at least sepintar smartphone mu. Jangan melihat sesuatu hanya hasil akhirnya. Seperti misalnya murid yang pandai, jelas perlu banyak belajar, banyak membaca buku dan banyak melalui waktu-waktu membosankan yang tetap digunakan untuk belajar dan belajar, tidak mungkin dia langsung tiba-tiba menjadi pandai. Tidak ada yang instan dalam apapun, karena bahkan mie instan saja perlu dimasak agar menjadi lebih nikmat. Maka sama seperti atlet-atlet kita di Indonesia. Mereka telah melalui banyak sekali latihan yang melelahkan, training yang membosankan hanya demi Indonesia, jadi tolong hargai perjuangan mereka apapun hasil akhirnya. Sebab tanpa perjuangan, hasil akhir sebaik apapun juga akan menjadi sia-sia.

Terakhir, aku mau mengucapkan terima kasih banyak untuk semua atlet Indonesia, apapun hasil yang mereka bawa, yaa walaupun mereka juga gamungkin baca ini, tapi sungguh aku ingin berterima kasih.

Kepada seluruh atlet Indonesia, terima kasih atas kerja kerasnya. Indonesia bangga kepada kalian semua. Semoga tetap bersinar, jangan menyerah! 

YO YO AYO YO AYO YO YO AYO~

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan berkomentar.