5 Tips Nabung Paling Ampuh! | Tristansha

08.00.00

Hey guys! How are you?
And welcome back in my lovely blog!

Buat kalian-kalian yang masih sekolah atau kuliah pasti dapet kan yang namanya uang jajan. Uang jajan itu dibedakan menurut waktu ngasihnya orang tua ke kita, ada yang perhari, perminggu, ada juga yang perbulan, tapi setahuku jarang yang dikasih uang jajan tahunan. Pasti selalu ada pikiran atau kadang dorongan dari dalam diri dan mungkin orang sekitar kita buat menabung, tapi pasti ada juga diantara kalian yang suka jajan dan pasti susah banget buat nyisain uang jajan yang kalian punya.
Buat kalian yang kriterianya kaya yang aku bicarain diatas, mari dibaca nih tips-tips ampuh menabung dari aku. 

     1. Pulang Sekolah Usahain Langsung Pulang
Anak anak jaman sekarang itu suka banget pulang sekolah gak langsung pulang. Biasanya mereka-mereka ini sepulang sekolah bukannya pulang tapi jalan dulu. Maen-maen dulu entah mainnya itu di area sekolah maupun ke luar sekolah, contohnya main di Mall. Nah main ini yang bikin kalian makin gak hemat, dan makin konsumtif. Jadi buat yang suka main sepulang sekolah, coba deh kurangi mainnya. Yang namanya pulang sekolah it ke rumah kali bukan ke mall. Kalau kalian udah bisa ngurangi kebiasaan jelek ini, kemungkinan besar tekat menabung kalian bisa terpenuhi.

2.  Pisahin Uang Jajan Kalian
Buat kalian yang selalu pengen nyisain uang jajan kalian, tapi setiap kali liat jajanan langsung aja pengen beli sampe pada akhirnya uang saku kalian habis gak bersisa. Tips kedua ini cocok banget buat kalian. Jadi pagi atau hari pas kalian dikasih uang jajan sama orang tua, langsung aja tuh dipisahin mana yang mau buat jajan mana yang mau ditabung. Misalnya 40% ditabung dan 60% buat jajan. Uang yang buat ditabung bisa kalian tinggalin di rumah aja, dan uang saku kalian bawa. Dengan begitu kalian pasti jadi tambah hemat dalam berjajan.

3. Selalu Sarapan Sebelum Berangkat
Jajan itu biasanya disebabkan karena kita laper. Nah meluangkan waktu buat sarapan di rumah sebelum berangkat bakalan mengurangi tingkatan laper kalian pas di sekolah. Jadi semakin menurunnya rasa laper kalian itu bakal bisa mengurangi niatan kalian buat jajan di sekolah, alhasil uang saku pun masih sisa atau kadang masih utuh dan masih bisa ditabung.

4. Bawa Bekal dari Rumah
Tips ke-4 ini sudah sangat mainstream dan sangat ampuh, ya bawa bekal dari rumah. Bawa bekal itu manfaatnya emang buanyak banget, salah satunya ya hemat uang jajan kalian. Bawa bekal bakal ngurangin presentase pengen jajan kalian, karena kalian udah punya makanan buat dimakan, karna notabennya beli jajanan itu karena kita gak punya sesuatu buat dimakan. Selain bisa ngehemat uang kalian, bawa bekal juga lebih menjamin kesehatan juga kebersihan makanan yang kalian makan. Jadi enak kan, udah hemat sehat lagi.

5. Bikin Celengan yang Unik
Yang satu ini terbukti lumayan ampuh buat kalian yang pengen nabung. Buat kalian yang anak tumblr atau biasa nyari-nyari di tumblr pasti gak asing sama toples yang dijadiin celengan. Nah kalian juga bisa pake cara itu, jadi kalian cari toples bekas selai atau toples apapun yang menurut kalian bisa buat naruh uang, trus di bagian luar toples itu tempelin kertas yang bertuliskan wish kalian. Wish kalian itu isinya “bakalan buat apa kalau uang yang kalian tabung udah terkumpul”. Nah kalian tulis aja trus tempel di depannya, misal nih “Buat ke Singapura tahun depan” “Buat jalan-jalan ke Eropa” “Buat naik haji” dan wish-wish yang lainnya. Dengan begitu setiap kalian liat celengan unik kalian, kalian bakal keinget “Oh iya aku pengen kesana suatu saat nanti, nabung ah”, nah dengan begitu pasti presentase keinginan nabung kalian jadi bertambah.

Setelah baca tips-tips diatas semoga kalian tambah semangat ya nabungnya. Nabung itu perlu loh guys, buat masa depan kita nanti. Jadi selagi kalian bisa nabung kenapa enggak sih? Jadi usahain mulai sekarang nabung yang rajin.

Intinya sih, nabung itu penting banget. Inget kata pepatah “Sedikit lama-lama jadi bukit” kalian hari ini nabung sedikit demi sedikit di masa mendatang pasti tabungan kalian bakal bertambah jadi banyak, sampai bisa buat sesuatu yang berharga. 

You Might Also Like

6 comments

  1. Nambahin. Jangan pacaran! *serius*
    Dengan pacaran, biasanya sang pacar mengeksplore tempat makan. Dan ini sungguh menghabiskan uang jajan. Ditambah uang jalan-jalan, ulang tahun, anniv bulanan, juga tahunan. Oh tuhan ini begitu memboroskan.
    Eh kamu cewek yah? baiknya pacaran aja sih, biar sering dibayarin. *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipsnya bagus tapi bikin nyesek ya :'v #JONESDETECTED

      tapi makasih tipsnya :D

      Hapus
  2. Tiiitaaaaan 😍😛😗😋😙😘😘😚😎😎😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Osaaaaaaa 😍😛😗😋😙😘😘😚😎😎😎

      Hapus
  3. Tiiitaaaaan 😍😛😗😋😙😘😘😚😎😎😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Osaaaaa 😍😛😗😋😙😘😘😚😎😎😎

      Hapus

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan berkomentar.