Wisata Banyuwangi | Bangsring dan Pulau Tabuhan

12.35.00

Hey guys! How are you?
And welcome back in my lovely blog!!

Buat kamu-kamu yang suka snorkeling, sekarang gak perlu jauh-jauh ke Wakatobi atau Raja Ampat buat liat terumbu karang yang cantik dan terawat. Kini Banyuwangi punya tempat yang gak kalah indah dari Wakatobi atau Raja Ampat. Tepat berada di Dusun Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

Di Desa Bangsring ini, kalian akan disuguhi pemandangan pantai yang indah banget, belum lagi kalau kalian memutuskan buat snorkeling, keren parah!. Kalian juga bisa kok berlayar main ke Pulau Tabuhan, nah untuk menuju ke Pulau Tabuhan salah satu aksesnya adalah Bangsring ini. Wilayah Bangsring gak jauh kok dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, yuk kita intip petanya!



Bangsring Underwater (Bunder) ini mulai dibuka pada Agustus 2014. Luasan terumbu karang di Bangsring ini sekitar 15 hektar dan masuk zona perlindungan bersama dari masyarakat dan pemerintah. Wilayah ini pun dijadikan sebagai wilayah konservasi alam, jadi kalau main kesini pastikan jangan buang sampah seenaknya ke dalam laut.

 Terumbu Karang | Sumber citizen6.liputan6.com

Kalian yang gak sabar mau snorkeling, gak perlu jauh-jauh karena kalian udah bisa ngeliat terumbu karang yang keren parah dengan hanya berenang 10 meter dari bibir pantai. Tapi nih kalau kalian masih gak puas sama itu, kalian juga bisa kok keliling pakai boat dan singgah di rumah apung. Di sekitar rumah apung ini ada kolam kotak (entah apa namanya) berukuran 3x3 meter yang isinya ikan hias, lobster, hiu dan kerapu, yang bisa kalian liat sambil snorkeling. Di dalam kolam kotak itu ada 5 hiu yang akan berkeliling di sekitar kalian, walaupun harus tetep waspada, kalian gak usah khawatir karena hiu-hiu itu gak akan gigit kok. Oh iya, rumah apung ini berukuran 27x7 meter dengan 3 bangunan menyerupai gubuk dan disediakan 2 toilet, jadi gak perlu balik ke Bangsring kalo kalian kebelet.

Nah selanjutya, kita pergi ke Pulau Tabuhan. Dari Bangsring, akan ditawarkan perahu buat kalian-kalian yang pengen pergi ke Pulau Tabuhan. Kalian cukup membayar 500ribu untuk satu kapal bermuatan 10-15 orang yang akan membawa kalian dan keluarga kalian pergi ke Pulau Tabuhan. Pulau Tabuhan ini adalah suatu pulau di tengah laut dengan pasir pantai putih yang bakal bikin kalian terkagum-kagum, indah banget sob!. Kalian juga bisa snorkeling di Pulau Tabuhan ini. Atau kalau kalian pengen ngeliat terumbu karang yang lebih bagus lagi, kalian bisa minta ke bapak-bapak yang ngendaliin perahunya buat ke tengah laut, trus kalian bisa snorkeling di sana deh.
Pulau Tabuhan | Sumber www.telusurindonesia.com

Lautan, Perjalanan ke Pulau Tabuhan | Sumber Galeri Pribadi
 
Untuk masuk ke area Bunder kalian gak ditarik biaya masuk sedikitpun. Tapi untuk yang mau berlayar ke rumah apung menggunakan boat, kalian harus bayar 10ribu. Dan untuk penyewaan alat snorkeling dan sepatu katak, kalian akan ditarik uang sebesar 35ribu.

 Fasilitas yang disediakan untuk wisatawan antara lain : gasebo, layanan WIFI gratis, penyediaan alat snorkeling, kamera underwater, chasing waterproof, perahu tradisional untuk berkunjung ke Pulau Tabuhan, rute kunjungan ke Pulau Menjangan dan kamar mandi. Wisatawan juga bisa berkunjung sambil menambah wawasan lingkungan. Jadi, jangan kaget kalau tiba-tiba diajak untuk bersih-bersih pantai, penanaman vegetasi pada musim tertentu dan adopsi transplantasi terumbu karang. Wisata kalian pastinya bakalan gak terlupa, selain itu juga dapet pengetahuan baru yakan?

Nah, gimana nih sekarang, masih ragu main ke Banyuwangi? Gak usah ragu dan gak perlu malu-malu, yuk main ke Banyuwangi!!!



Terima kasih sudah baca, dan semoga kalian mendapat manfaat dari apa yang aku tuliskan. Salam hangat, Sha.







You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan berkomentar.