Belajar Bahasa Inggris

08.00.00

Post kali ini aku mau bahas tentang ‘Belajar Bahasa Inggris’. Aku mau cerita dikit dan ngasih sedikit tips buat bejar Bahasa Inggris. Tapi dengan membuat ini bukan berarti Bahasa Inggris-ku udah TOP BGT, gak kok biasa aja. I just want to share hal baik yang mungkin bisa jadi motivasi dan membantu temen-temen dalam belajar Bahasa Inggris. Ya namanya juga hidup yang di share itu yang positif aje ye gak? Asik. Keep in mind, aku bukan seorang native speaker atau guru bahasa inggris, so my tips are based on my experience aja. Yaudah cekidot!


1.     Belajar dari hal-hal yang kamu suka
Menurutku hal ini tuh penting banget. Dalam belajar suatu hal apapun itu, kita tuh harus suka sama subjek yang mau kita pelajarin. Aku dulu awal-awal belajar gak langsung belajar tenses, malah aku dulu gangerti tenses itu kaya gimana. Iya, aku awalnya belajar dari lagu, film, kartun, game dan hal lain yang aku suka. Dengan belajar pake hal yang aku suka, aku jadi ngerasa belajar itu lebih enteng. So learn English from something you enjoy to do aja dulu.

2.     Nonton vlog orang luar negeri
Iya nonton vlog. Apa faedahnya? Banyak! Jadi gini, kalau kalian nonton youtube terutama vlog, jarang bahkan aku belum nemuin daily vlog youtuber luar negeri yang pake subtitle Indonesia. Dari sana, kalian di challenge buat dengerin mereka ngomong which in another way buat kalian ngelatih listening juga. Awalnya pas aku ngelakuin ini, aku 100% gangerti apa yang mereka omongin, karena they’re native dan ngomongnya cepet banget. Tapi aku gak nyerah, aku ulang satu video daily vlog itu sampe 5 bahkan 10 kali buat get what they’re talking about, ya walaupun waktu itu udah 10 kali ditonton masih cuma ngerti 50% aja, tapi menurutku itu gak apa-apa at least it isn’t zero anymore. Dan kalo kalian gak suka vlog, kalian bisa nonton kartun yang pake bahasa inggris tanpa subtitle. Vlog dan kartun itu menurutku cocok buat belajar karena bahasa yang dipake itu masih bahasa yang mudah dimengerti.

3.     Baca buku bahasa inggris
Yup ini tips udah direkomendasiin oleh banyak banget orang dan guru diluar sana. Jadi cara melakukan tips ini adalah pertama nyari buku yang pake Bahasa Inggris, bisa buku apa aja, buku sains yang bahasanya susah, atau novel remaja yang bahasa lebih mudah dimengerti. Nah pas lagi membaca buku-buku itu pasti ada nih kata-kata yang unfamiliar dan kita gak ngerti, sebisa mungkin kita catet semua kata-kata itu, trus dicari artinya di Bahasa Indonesia. Inget di CATET bukan hanya diinget. Dijamin worth to do banget, dan sangat patut dicoba.

4.     PRACTICE PRACTICE PRACTICE
Kunci dari belajar bahasa adalah praktik. Karena gimana ya, kalo kalian cuma belajar materi aja tapi gak dipraktekin, itu kaya kurang gitu lo guys. Kalo misal nih kalian malu praktik Bahasa Inggris sama orang sekitar, you can start with yourself. Aku aja biasanya ngomong-ngomong sendiri buat ngelatih kecepatan ngomong, dan pemberdaraan kata. Tapi bakalan lebih baik buat belajar sama temen atau orang-orang disekitarmu. Karena mungkin aja mereka lebih ngerti dan bisa membenarkan kesalahanmu gitu.


YUP itu aja tips belajar Bahasa Inggris dari aku. Intinya sih semua itu balik ke diri kalian sendiri, kalian ada kemauan untuk bisa atau stay ditempatmu yang sekarang? Itu terserah kalian. Aku sih sarannya kalian harus selalu move on. Inget, move on itu bukan melulu soal mantan, tapi juga soal kemampuan. Masa iya, seiring berkembangnya waktu, kemampuan kamu gak berkembang yakan? Nah so don’t be afraid to challenge yourself to move on and become a better person.


Sha. 

You Might Also Like

4 comments

  1. Baca buku dan kalau gak tau artinya dicatet? Yes! Karena dengan mencatat pasti bakal bikin inget yaa. Tapi emang cara paling jitu cuman mesti sering-sering di praktekin yaa. Sering-sering bicara inggris walopun berantakan yang penting bisa dicoba lah yaa huehehe. Makasih infonya!

    Perdana nih dateng kesini, mampir-mampir yaa :D
    willynana.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. YUP bener banget! Practice makes perfect :)

      Hapus
  2. Nambahin. Instal aplikasi Duolingo.

    Kak nitip link ya.

    https://rifalnurkholiq.blogspot.co.id/2018/04/mengapa-aing-suka-banget-jejepangan.html

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan berkomentar.