Jangan Belajar Nulis kalau Baca Aja Belum Bisa

08.00.00

Akhirnya, sekolah udah berjalan selama 1 minggu. Gak kerasa UN udah tinggal 8 bulan lagi, iya gua adalah generasi K13 yang sumpah capek tapi kadang seru juga. Tapi gua belajar banyak dari kurikulum ini, jelaslah gua sekolah buat belajar bukan eksis #ciah. 

Btw, emang sih K13 ini kurikulum yang sangat keren, karena nerapin praktek langsung, tapi nih yang gua rasain beda banget. Yang katanya K13 ini praktek langsung, mengajarkan mandiri, presentasi, dll pokoknya yang ada di benak gua adalah sekolah macam anak-anak luar negeri (mimpi gua ketinggian yah). Tapi nyatanya yang gua rasain sih masih agak jomplang, di sekolah gua yang udah nerapin K13 sejak gua kelas 7 sampai kelas 9 ini, belum ada kemajuan yang begitu fix tentang K13 ini. Kenapa gua ngomong gitu? karena K13 yang katanya "praktek dalam belajar" itu masih kurang diterapin di sekolah gua, gua ngerasa kaya sekolah pake K13 tapi guru gua ngajarnya pake K2006, yaudah deh puyeng. Waktu kelas 7 dulu gua seneng banget sama K13 karena sering praktek dan MID gua pun praktek gua seneng banget, tapi pas udah kelas 8 gua agak kecewa gara-gara MIDnya gak praktek lagi, malahan pake soal isih segala yang dibuat sama guru-guru gua sendiri (Soal Mat-nya susah bener sumpah). Tapi gua masih terima-terima aja sama MID yang tidak lagi praktek, ya gak apalah sekali-kali, mungkin itu juga latian, karena katanya UN 2016 nanti, bakal ada pilgan dan isih. 

K13 ini kata temen gua adalah kurikulum paling nyiksa, kalau gua sih "sok" biasa aja padahal nggak biasa, ya gua nikmatin aja sih, karena di realnya kita gak bakal bisa ngerubah ini semua, gua sih sadar dirinya aja gua bukan menteri pendidikan, yah gak tau kalo ntar gedenya gua bakal jadi menteri pendidikan. Tapi yang paling gua sayangin dari K13 ini, gua capek karena semuanya harus sendiri, tugasnya lebih susah dan yang paling nyebelin, guru gua jadi males ditanyain. Gua tau sih kalau K13 ini mengejarkan kita buat mandiri tapi masa tanya satu dua aja gak mau pak? buk?. Udah ah gua males ngomongin soal pendidikan, takut dikata sok ngerti pendidikan, sok ngerti K13, dan sok-sok-an lainnya, karena gua gak pengen sok, gua cuma mau cerita, tapi gua sadar diri kok pengetahuan gua gak setinggi guru guru gua.

Mangkanya gua mau berterima kasih atas semua jasa para guru gua yang selalu ngajarin gua hal-hal baru, hal-hal yang keren dan berbagai macam hal lain. Gua juga mau berterima kasih sama guru-guru gua yang gak capek-capek ngajarin gua sama temen-temen gua untuk selalu jujur, selalu percaya sama diri sendiri, yang selalu ngingetin bahwa hasil jujur itu lebih berharga daripada dapet hasil orang lain. Dan gua juga yakin nantinya Indonesia pasti bisa kok punya sekolah negeri yang standartnya luar negeri bahkan semua sekolah di Indonesia. Semangat guruku!!

Initinya nih "Jangan belajar nulis kalau baca aja belum bisa" gak usah muluk muluk dalam hidup, belajarnya itu yang runtut dan rutin, biar hidup kalian runtut gak berantakan. Belajar dari hal kecil ntar juga bisa jadi orang yang besar, asal ada niat dan konsistensi aja.

You Might Also Like

2 comments

  1. bener tuh yang penting itu konsistensi sama niat. kalo niat udah kuat dan dilakukan secara terus menerus hasilnya juga akan tercapai.

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan berkomentar.