Tanpa Asap

22.45.00

Hey guys! How are you?
And welcome back in my lovely blog!!

Udara adalah hal yang paling penting dalam kehidupan semua manusia. Coba siapa dari kalian yang gak butuh udara? Gak ada kan? Kalau ada, mungkin mereka bernafas menghirup air bukan udara (jayus).

Karena udara itu penting, kita sebagai manusia sangat amat membutuhkan udara penuh oksigen untuk kelangsungan hidup kita. Namun bagaimana kalau udara disekitar kita malah dipenuhi asap beracun misalnya asap rokok, asap kendaraan, asap pabrik dan banyak asap berbahaya lainnya? Itulah yang akan aku bahas kali ini.

Udara bersih adalah udara yang mengandung banyak oksigen, tapi sekarang rasanya udara beroksigen itu susah sekali didapat, terutama di kota-kota besar yang banyak kegiatan industrinya. Aku sedikit banyak bersyukur tinggal di tempat yang tidak banyak kegiatan industri bahkan tidak ada, karena paling tidak pagi hari aku masih bisa merasakan udara bersih yang penuh oksigen.

Tapi walaupun begitu, banyaknya perokok dan kendaraan bermotor membuat udara bersih beroksigen tidak selalu bisa dinikmati. Ya perokok, honestly aku gak suka sama orang yang merokok, karena satu alasan yaitu mereka bukan hanya merusak tubuh mereka sendiri tapi mereka juga memberikan dampak yang buruk bagi orang disekitarnya. Aku sendiri adalah orang yang sangat sensitif bila ada asap rokok, mungkin semua orang juga begitu. Dengan adanya asap rokok itu mendakan bahwa udara yang kita hirup tidak lagi bersih dan menghirup udara yang tidak bersih sama halnya seperti menyiksa hidung kita sendiri.

Banyak sekali orang yang gak sadar kalo ngerokok itu ngerugiin orang lain 2 kali lipat dari dirinya sendiri. Sebagai contohnya, aku masih sering liat orang perokok yang ngerokok seenaknya aja di lingkungan umum, di dekat anak kecil, dan yang pasti masih banyak diantara mereka yang gak liat tempat kalau merokok, dan hal tersebut sangat mengganggu orang lain. Pada saat seperti itu aku berfikir “harusnya ngerokok itu gak usah ada asapnya” atau nggak “harusnya asap rokoknya dihisap aja, jadi gak ngerugiin orang lain”.

Kita butuh udara kembali bersih yagak? Tapi sebelum kita mendapatkan udara bersih lagi, kita butuh kesadaran bukan hanya dari diri kita tapi dari orang-orang disekitar kita. Kita bisa melakukan cara-cara sederhana, kaya misal merawat tanaman yang ada di lingkungan kita, ngejaga biar lingkungan bisa tetep bersih, mengurangi pemakaian kendaraan umum, dan mengingatkan ke orang terdekat kita yang merokok (mungkin ayah, om, pakde, atau orang terdekat kita) untuk mengurangi merokok, dan tidak merokok seenaknya di tempat umum. Semua usaha awal itu memang susah, tapi hasilnya juga bakal memuaskan.

Jadi ayo kita mulai pelihara bumi kita, menjaga udara bersih beroksigen di bumi kita. Kalau kita tidak memulainya sekarang, lantas kapan? Sebagai generasi muda bangsa Indonesia yang dibanggakan kita harus bisa menginspirasi orang-orang di sekitar kita untuk menyayangi bumi kita, dengan memulainya dari lingkungan paling sempit yaitu diri kita sendiri. Kalau bukan kita, siapa lagi? Alien? (yaelah).

Terima kasih sudah baca, dan semoga kalian mendapat manfaat dari apa yang aku tuliskan. Salam hangat, Sha.

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan berkomentar.