How To Organize Your Computer Files

08.00.00

Hello! and welcome back to my lovely blog!!

Kali ini lagi pengen ngasih tips nih hehehe. Tips apakah itu kakak? Jadi ini adalah tips buat ngerapiin file-file di PC kalian. Sebenernya mudah siiih, tapi ya semoga tips ini berguna lah ya untuk kalian :) I hope it will help you guys :). Yaudah langsung aja kali ya? Wkwkwkw cekidot!

1. Menentukan Folder

Basic banget kan dibilangin juga apa. Tapi ini penting, buat ngerapiin files, of course kita butuh folder sebagai rumahnya :). Nah pertama ini kalian harus bener-bener menentukan file-nya kalian itu mau kalian bagi ke folder apa aja, misalnya musik,film,foto. Tipsnya kalo bisa di folder utama (yang kelihatan pas kalian ngebuka Local Disk) adalah folder yang kategorinya umum, jangan yang udah ribet kaya misal Foto SMA. Kenawhy? karena bakalan bikin males aja sih kalo menurutku, karena masih awal aja udah harus ngepisahin file dengan ribet, big NO!.
Seperti yang bisa dilihat, inilah penampakan "Folder Utama" yang kumaksud, jadi umum gitu kategorinya guys

2. Kategoriin Lagi Lagi dan Lagi

Kalo file udah masuk ke folder-folder utama, udah terkumpul sesuai dengan kategori di folder utama, kalian bisa mulai untuk memilah-memilih lagi dan membuat folder yang lebih rinci. Jadi intinya kalian mengkategorikan lagi file-file kalian menjadi kategori yang lebih kecil. Tipsnya simpel yaitu dengan mantengin nih satu-satu filenya, trus dipikir ya kan mau dipisah menurut apa nih, baru bikin foldernya. Kaya misalnya disini aku ngebagi fotoku sesuai periode sekolahku.
Seperti yang bisa dilihat yaaa "Jaman SMP" "Jaman SMA" ya pokoknya gitu sesuka kalian aja dah kategorinya
Nah setelah itu didalemnya (optional) kalian bisa mengkategorikan file-file yang udah masuk menjadi lebih simpel, sampe yang tersimpel lah pokoknya. Contohnya ini aku di dalem folder Jaman SMA masih aku pisah-pisah lagi yekan sesuai dengan seragam misalnya :)


3. Sabar+Rajin+Niat

Nah kalo ini mah tips ter-dasar. Ya pokonya kalian harus extra sabar kalo lagi organize PC kalian apalagi kalo filenya banyak dan PC-nya sering lag kaya punyaku :""". Dan selalu, yang paling penting adalah NIAT, yaiyalah kalo tidak punya niatan jelas tidak akan bergerak hati dan raga ini (yeah). Nah trus juga harus rajin, gak boleh MALES buat masukin file baru ke folder yang udah dibikin, biar apa? biar gak numpuk file berceceran yang tak memiliki rumah :).

4. Fokus

Pas kalian lagi mindahin file, usahakan untuk FOKUS. Jadi, kalo lagi nge-bersihin foto ya foto dulu, kalo ngurus video ya video dulu. Intinya jangan mencar-mencar apalagi sampe tersesar ke Google, sosmed, BIG no juga!.


~~~
Udahan lah itu doang tipsnya nih! Semoga bisa membantu kalian ya... Karena memang guys, mengelompokkan file-file itu adalah hal yang paling bikin males, karena mungkin juga biar apa gitu dilakukan. Tapi trust me, ini harus banget biar gak bingung aja gitu kalo nyari file-file yang penting, atau sekedar biar local disk-nya terlihat RAPI. Intinya, kalo mau ngerapiin Local Disk, tolong diingat NIAT+SABAR+RAJIN+FOKUS. Udah itu, semangat ya semuanya :).

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan berkomentar.